Senin, 14 September 2009

pamuji hamsah

Sabtu, 2009 Januari 31

CARDIO PROTECTIVE VITAMIN

Hyperhomocysteinemia meningkatkan faktor faktor resiko yg memicu terjadinya penyakit pembulu darah pada jantung , otak ,dan pembulu darah perifer
disamping karena faktor
INDEPENDEN seperti kolesterol hipertensi dan diabetes

MEKANISME terjadinya kerusakan pembulu darah yg diakibatkan oleh hyperhomocysteinemia antara lain:
berupa kerusakan sel sel endothelial
meningkatnya adhesivitas dari platelet
peningkatan penumpukan LDL di dinding arteri dan koagulasi yg tidak normal.

pemberian ASAM FOLAT secara sendiri atau bersama dengan VITAMIN B6 dan VITAMIN B12 terbukti menurunkan kadar serum homocystein.
ASAM FOLAT berperan sebagai kosubstrat didalam siklus REMETILASI.
Sementara VITAMIN B6 dan VITAMIN B12 berperan sebagai kofaktor pada berbagai enzym yg terlibat dalam homocystein remetilasi (sintese methionin) dan transulfurasi (cystathionin b_synthase dan y_cystathionase)

VITAMIN E melalui efek antioksidannya membantu menurunkan oksidasi low_density lipoprotein (LDL) yang merupakan salah satu faktor penyebab atherosklerosis

Rabu, 2009 Januari 28

BIAYA EFEKTIFITAS DARI GRISEOFULVIN KETOKONAZOL ITRAKONAZOL DALAM PENCEGAHAN INFEKSI FUNGAL

Kondisi geografis indonesia yg merupakan daerah tropis dg suhu dan kelembapan yg tinggi akan menumbuhkan tumbuhnya jamur sehingga infeksi, oleh karena itu infeksi jamur menjadi penyakit urutan ke 2 terbanyak dari insiden penyakit kulit.
Keluhan bergantung kpd tingkat ekonomi kehidupan penderita
bila penderita dg ekonomi lemah spt tukangbecak /pembantu rumah tangga penyakit tdk banyak dihiraukan.
Akan tetapi golongan ekonomi menengah ke atas /mengutamakan penampilan maka penyakit ini adalah sesuatu penyakit yg bermasalah.
(bahkan penderita heran kenapa mereka bisa menderita penyakit ini)

GRISEOFULVIN adalah antibiotika bersifat fungistatik . Secara invitro griseofulvin menghambat pertumbuhan berbagai spesies dari microsrorum. Epidermophyton dan trichophyton.
Pd penggunaan peroral griseofulvin diabsorpsi secara lambat.dg memperkecil ukuran partikel. Griseofulvin ditimbun di sel sel terbawah dari epidermis. Sehingga keratin yg baru terbentuk akan tetap dilindungi terhadap infeksi jamur.
Griseofulvin banyak digunakan di puskesmas dan rumah sakit.

griseofulvin tidak dapat digunakan mengobati dermatofitosis krn sudah resisten terhadap penyakit kulit golongan dermatofitosis species.
Griseofulvin tidak dapat mengobati golongan kandida /jamur yg bersifat sistemik/jamur golongan deep mycosis
GRISEOFULVIN : fulcin fungistop griseofort griseofulvin(prafa) mycostop rexavin

KETOKONAZOL merupakan turunan imidazol sintetik dgn struktur mirip miconazol dan clotsimazol.
Ketokonazol merupakan anti mikotik sistemik yg efektif terhadap candida.coccipiodes immitis. Cyptococcus neoformans. Cpsulatum.dermantidis, aspergillus. Dan sporothrix.
ketokonazol menggangu sintesa ergosterol yg merupakan komponen penting pada fungi
ketokonazol bersifat fungistatik

ketokonazol juga akhir akhir ini sudah mulai resisten terhadap beberapa spesies jamur.
Ketokonazol bersifat hepatoksis sehingga sulit untuk digunakan pengobatan jangka panjang spt jamur deepnycosis dan penyakit jamur sistemik.
(sering para dokter lupa akan sifat kandida yg sistemik, diagnosa tertegakkan setelah postmortem)

KETOKONAZOL : anfuhex dermaral dexazol dysfungal fexazol formyco funet fungasol fungoral interzol ketomed lusanoc muzoral mycoderm mycoral mycozid nizol nizoral nofung picamic profungal solinfec sporex thicazol wizol zoloral zoralin zumazol


ITRAKONAZOL merupakan preparat anti mikotik oral baru memiliki spektrum yg luas.
Cara kerja itrakonazol mirip dgn aksi ketokonazol yaitu menghambat sitokrom p_450 depeden dari sistem enzim jamur/fungsi yg mensistesis ergosterol yg merupakan komponen vital membran sel jamur.
Itrakonazol:
terapi jangka pendek: utk kandidiasis vuluovaginalis. Pityriasis versicolor. Dermatomikosis. Fungal keratitis dan kandidiasis mulut.
Terapi jangka panjang: pengobatan onychomycosis histoplasmosis.sporotrichosis. Paracoccidiodomycosis. Blastomycosis sistemik

ITRAKONAZOL sampai sekarang belum resisten dan tidak toksis dan dapat digunakan utk jamur sistemik

ITRAKONAZOL : forcanox fungitrazol furolnok itzol nufatrac sporacid sporanox spyrocon trachon unitrac

dari obat obat tersebut diatas
Hanyalah itrakonazol yg bersifat fungisidal(dapat membunuh spora) tetapi sayang harganya agak mahal sehingga tidak terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

DIA MENGETAHUI APA YANG MASUK KE DALAM BUMI DAN APA YANG KELUAR DARINYA. APA YANG TURUN DARI LANGIT DAN APA YANG NAIK KEPADANYA (AL HADID:4)

Senin, 2009 Januari 26

MODIFIKASI TERHADAP USUS MENGGUNAKAN PROBIOTIK

Pada beberapa posting sebelumnya, pernah ada pertanyaan? Bagaimana flora usus yang tidak seimbang akibat pengobatan jangka panjang dengan antibiotic.

USUS merupakan suatu ekosistem yg komplek dan berperan penting dalam pertahanan tubuh terhadap agresi dari lingkungan luar,
KETIGA faktor utama adalah: MIKROFLORA ,SISTEM IMUNITAS LOKAL DAN BARIER MUKOSA.

secara normal, ada keseimbangan antara flora saccharolitik dan flora proteolitik didalam usus manusia. Dimana hasilnya dinyatakan dalam keseimbangan mikroba.
Faktor faktor pengganggu flora saccharolitik misalnya contoh: alkohol, stress, Infeksi, antibiotik dan kemoterapi. Merusak keseimbangan ini dan pekembangan flora proteolitik yg terjadi akan meningkatkan kondisi patologis seperti diare, konstipasi, kembung dan lain lain.
LACTOBACILLIUS ACIDOPHILUS merupakan bagian normal dari fermentasi flora yg membantu memelihara keseimbangan normal dari flora usus tersebut.
Lactobacillius acidophilus dpt hidup 2hari dalam cairan lambung, 5hari dalam empedu murni dan 8hari dalam cairan usus halus.
Memproduksi asam lakta dan bahan bahan bakterisida spt:lactocidin datau acidophilin.
LACTOBACILLIUS ACIDOPHILUS berperan dalam keadaan fisiologis melalui kemampuannya mensitesa vitamin, kemapuan memproduksi mikroba dlm media usus, terhadap antibiotika secara otomatis diteruskan ke turunannya tetapi tidak diteruskan ke organisme lain didlm tubuh.
LACTOBACILLIUS ACIDOPHILUS merupakan probiotik yang mampu meningkatkan populasi FRIENDLY BACTERIA sehinga menurunkan pertumbuhan bakteri patogen dalam tubuh,memperbaiki absorpsi mineral pada miroekosistem saluran cerna.
LACTOBACILLUS : dialac gastro_ad lacbon lacidofil protexin rillus synbio

DAN DARI AIR KAMI JADIKAN SEGALA SESUATU YANG HIDUP. MAKA MENGAPAKAH MEREKA TIADA JUGA BERIMAN?(AL_ANBIYAA':30)

Minggu, 2009 Januari 25

"APOTEK GUBERNUR SURYO"

"APOTEKER" memberikan edukasi yang dibutuhkan, terutama pada mereka yang pengetahuannya sangat kurang dan aktif dalam melayani pasien atau mitra kerja profesi kesehatan lainnya.

KEWAJIBAN "APOTEKER"
menjamin pelayanan pemberian obat kepada pasien dgn penuh tanggung jawab sesuai dgn ketentuan yg berlaku.
Memelihara dan melindungi sedian farmasi dari pengaruh cuaca. Temperatur. Bencana alam, serangga. Dan lain lainya yg menyebabkan menurunya kualitas obat.
Menjaga kerahasian pasien. Kebersian lingkungan apotek. Memberikan konseling dan residensial
memberikan informasi yg benar mengenai efek samping dan kontra indikasi obat.
Menjamin bahwa obat obatan berbahaya termasuk narkotika hanya perlu diberikan bila perlu.
Melakukan srining resep, menjaga mutu pelayanan

HAK HAK "APOTEKER"
mendapatkan penghargaan dan imbalan yg layak. Mengembangkan diri. Mendapat perlindungan hukum. Menolak melakukan konspirasi atau persetujuan yg bertentangan dg kemanusian dan keadilan.

FUNGSI "APOTEK" adalah pembanding dan pengendali sedian farmasi sehingga tidak digunakan secara berlebihan.

"APOTEK" juga menjadi penyeimbang antara kebutuhan obat dan metode TERAPEUTIK yg diberikan dokter tehadap pasien, sehingga jika terjadi keraguan terdapat ARGUMEN pembanding yg bisa memberi dokter semacam peringatan awal supaya tdk terjadi MEDICATION ERROR.
Oleh karena itu baik dokter dan petugas farmasi memiliki hubungan yg erat baik hubungan saling mengingatkan maupun MUTUALIS didalam hal penggunaan obat.

akhir akhir ini hubungan apoteker dan dokter kurang harmonis.
Hal ini disebabkan karena dokter seringkali melakukan dispensing obat atau memberikan obat sendiri langsung kepada pasien.

kerugian dari dispensing resep ini adalah bahwa pasien tdk memiliki resep dalam bentuk tertulis sehingga bila terjadi medication error, pasien tdk bisa menuntut dokternya.
sementara jika pasien mau pergi ke apotek. Maka pasien memperoleh keuntungan dgn adanya second opinion.
second opinion ini penting untuk mencegah medication error(memberikan obat yang keliru atau dengan dosis yang tidak sesuai)

pemberian obat sendiri oleh dokter membuat PERTANGGUNG JAWABAN DAN PENGENDALIAN OBAT akan menjadi lebih sulit. Mengingat jenis obat yg mana yg diberikan dokter menjadi sulit dipertanggung jawabkan.
Apakah ada jaminan dokter tidak akan memberikan obat yg berbahaya pada pasiennya. Atau adakah jaminan bahwa dokter tersebut tidak mengejar target dari MEDICAL REPERSENTATIFnya yang mungkin memberikan banyak insentif jika obatnya dijual dalam jumlah yang banyak

para "APOTEKER" untuk menginformasikan pada pasien,mengingat pasien sama sekali tidak mengetahui dampak negatif dari zat zat kimia dalam obat. Apalagi jika pasien tersebut berpendidikan rendah. Didalam pengertian mereka OBAT adalah penyembuh atau penghilang penyakit. Semakin banyak minum obat maka semakin cepat pula sakitnya hilang.
padahal pengertian dosis didalam obat perlu utk dijelaskan, karena efek kerusakan hati dapat terjadi jika seseorang minum melampau dosis yg ditetapkan.

Dokter hanya boleh memberikan obat langsung berupa injeksi atau jika kondisi pasien gawat darurat dan segera membutuhkan obat.
dokter hanya melakukan diagnosa dan menentukan terapi pasien.
OBAT diberikan dalam bentuk resep yang harus ditebus di apotek.

Tingkat kepuasan dan keamanan pasien harus menjadi fokus utama di dalam setiap pelayanan farmasis.

Sabtu, 2009 Januari 24

PENGARUH MESTEROLON PADA METABOLIS TUBUH

MESTEROLON mengimbangi kekurangan pembentukan androgen yg mulai berangsur menurun dgn bertambahnya usia.
MESTEROLON sesuai utk pengobatan kondisi kondisi yg disebabkan oleh kekurangan androgen di dalam tubuh.
umumnya digunakan untuk merawat berbagai jenis penyelewengan fungsi seksual yg sering akibat dari endogenous testosterone tingkat rendah.Dapat membalikkan masalah seksual dan ketidakmampuan SPERMCOUNT.
Mesterolon tidak merangsang tubuh utk memproduksi testosterone tetapi hanya secara lisan pengganti androgen yg digunakan.

MESTEROLONE adalah sintetis anabolic androgenic steroid(AAS).
memperkuat perkembangan otot pada individu individu yg sehat atau kemampuan fisik.

MESTEROLONE menambah kekuatan dengan penambahan kecil tetapi bersandar sepenuhnya utk memperoleh frame.

penyalagunaan dalam olahraga MESTEROLONE pada atlet sering digunakan sebagai rahasia untuk meningkatkan metabolis.


MESTEROLONE 25MG (17b_hidroksi_1a_metil_5a_androstan_3_on)
MESTEROLONE : ada pada merck ANDROLON INFELON PROVIRON
Defisiensi androgen:
dosis awal 3_4 kali 1tablet sehari, selama beberapa bulan.
Dosis pemeliharaan 2_3tablet sehari

Infertilitas pada laki_laki : 4 tablet(100mg) sehari,selama beberapa bulan (apabila terjadi ereksi yang sering atau terus menerus,dosis harus diturunkan atau pengobatan dihentikan untuk mencegah luka pada penis)
TERBENTUKNYA OTOT yang membukus tulang.
KEMUDIAN.AIR MANI ITU KAMI JADIKAN SESUATU YG MELEKAT, LALU SESUATU YG MELEKAT ITU KAMI JADIKAN SEGUMPAL DAGING,DAN SEGUMPAL DAGING ITU KAMI JADIKAN TULANG BELULANG, LALU TULANG BELULANG ITU KAMI BUNGKUS DGN DAGING. KEMUDIAN,KAMI MENJADIKAN MAKLUK YG BERBENTUK LAIN. MAHA SUCI ALLAH. PENCIPTA YANG BAIK. (AL MU'MINUN_14)

Jumat, 2009 Januari 23

ANTARA VALSARTAN DAN TELMISARTAN

Valsartan adalah angiotensin ll reseptor antagonist. Valsartan ditujukkan utk perawatan tekanan darah tinggi, dari congestive kegagalan jantung dan post-myocardial infarction
DITEMUKAN beberapa manfaat dalam penggunaan valsartan dlm pengobatan dan pencegahan PENYAKIT ALZHEIMER.
valsartan dipasaran ada. oral tablet berisi 40mg. 80mg. 160mg.

VALSARTAN : diovan

TELMISARTAN digunakan untuk mengkontrol darah tinggi
TELMISARTAN adalalah antagonis yg spesifik reseptor angiotensin ll dan efektif secara oral. ditujukan utk perawatan hipertensi,pengobatan hipertensi esensial.
TELMISARTAN setelah dosis pertama, aktivitas antihipertensi yg secara bertahap akan terlihat dalam waktu 3jam. Penurunan tekanan darah maksimal umumnya dicapai dalam waktu 4 sampai 8 minggu setelah dimulai pengobatan dan dipertahankan selama pengobatan jangka panjang. terdapat hubungan yg nyata antara dosis dan waktu utk kembalinya tekanan darah sistolik ke normal. Dosis yang dianjurkan 40mg sekali sehari, beberapa pasien mungkin sudah berhasil dgn dosis 20mg sekali sehari.

TELMISARTAN : micardis

Setiap org mempunyai tekanan darah yg penting utk persedian darah diseluruh tubuh. Tetapi bila tekanan darah menjadi lebih tinggi dari biasanya dpt menimbulkan kerusakan dalam kapal organ spt. Jantung ,ginjal. Mata.dan otak.
hipertensi juga dpt membuat merasa pusing terutama jika anda berdiri terlalu cepat. Jika terpengaruh bangun bertahap utk menghindari. Jika pusing duduk atau berbaring.

Selasa, 2009 Januari 20

OBAT GENERIK SEBAGUS BRAND MERCK

Hampir semua resep diisi dgn obat generik. Meski demikian saya sering ditanya apakah obat obatan generik sangat baik?

OBAT GENERIK adalah salinan dari merek_nama obat yg tepat dosis yg sama,ditujukan digunakan, efek, efek samping,resiko, keselametan, dan kekuatan sebagai obat yg asli.
dengan kata lain FARMAKOLOGI efek yg sama persis.
Banyak orang menjadi prihatin karena OBAT GENERIK sering substansial lebih murah dibandingkan dg merek_nama versi.
Mereka heran jika kualitas dan efektivitas telah DIKOMPROMI utk membuat suatu produk murah.

OBAT GENERIK murah krn produsen belum membiayai pengembangan dan pemasaran.
ketika sebuah perusahaan membawa obat kepasar, perusahan yg telah menghabiskan banyak uang utk PENELITIAN,PENGEMBANGAN, PEMASARAN DAN PROMOSI OBAT.
hak paten diberikan kpd perusahaan yg memberikan obat yg mengembangkan sebuah HAK EKSKLUSIF utk menjual obat_obatan selama paten yg berlaku.
Setelah hak paten kadaluwarsa. Produsen mengajukan izin utk membuat dan menjual versi generik obat. Tanpa biaya utk pengembangan obat, perusahaan lain yg mampu utk membuat dan menjual lebih murah.
Ketika beberapa perusahaan mulai memproduksi dan menjual obat. Persaingan diantara mereka juga dapat mendorong harga turun lebih jauh.
Terkadang VERSI OBAT GENERIK memiliki berbagi warna,rasa,atau kombinasi dari bahan bahan aktif dari obat yg asli. Akan tetapi mempunyai efek obat yg sama.

Senin, 2009 Januari 19

SISTEM SYARAF DAN TIDUR

TIDUR adalah berhentinya kerja pusat pusat otak yg utama. Dan keadaan ini tdk terjadi dgn mendadak. Melainkan secara grandual (bertahap)
mula mula orang terkena rasa ingin istirahat dan ngantuk
disebabkan berhenti bekerjanya sebagaian dari PUSAT PUSAT JARINGAN SYARAF
Kemudian secara gradual kondisi ini menyebar ke PUSAT PUSAT yang lain. Dan ketika keadaan berhenti bekerja itu menjadi menyeluruh dan mendalam pada seluruh pusat kendali. Maka terjadilah TIDUR yang sempurna.

TIDUR mendatangkan dua akibat fisiologi yg penting:
pertama adalah akibatnya pd jaringan syaraf
kedua adalah akibatnya pd semua organ tubuh.
Tidak adanya tidur utk waktu yg lama akan menimbulkan kerusakan pd kegiatan OTAK DAN REAKSI SYARAF.
Tidak adanya tidur bisa membawa kepada KELAMBATAN BERPIKIR
tidur mendatangkan dampak yg nyata pada terpeliharanya keseimbangan syaraf diantara berbagai jaringan sentral.

TIDAK ADA KEHIDUPAN TANPA TIDUR. Manusia mampu menahan lapar selama enam minggu, tetapi dia akan mati jika tidak tidur selama sepuluh hari.
DAN KAMI JADIKAN TIDURMU UNTUK ISTIRAHAT,(AN NABA:9)
DIALAH YANG MENJADIKAN MALAM BAGI KAMU SUPAYA KAMU BERISTIRAHAT PADANYA(YUNUS:67)

Minggu, 2009 Januari 18

ANTARA NIFEDIPIN DAN AMLODIPIN

NIFEDIPIN : cara kerja nifedipin adanya perbaikan suplai oksigen yang nyata ke miokard. Disertai berkurangnya kebutuhan oksigen.
Rasio yang baik antara intensitas dan lama efek obat. Serta toleransi yang baik.
NIFEDIPIN bekerja secara selektif dgn menghambat masuknya ion kalsium ke dalam sel otot jantung dan otot polos pembulu darah sistemik tanpa mengubah kadar kalsium dalam serum, sehingga menyebabkan efek vasodilatasi.
Pada angina varian NIFEDIPIN meredakan gejalah resting angina dangan cara menghilangkan kejang pada arteri koronaria jantung, sehingga aliran oksigen ke otot jantung meningkat. Sedangkan pd angina klasik manfaat efek obat disebabkan oleh penurunan kebutuhan otot jantung,terhadap oksigen dan perbaikan perfusi otot jantung
Bukti obyektif tentang efek obat setelah terapi per oral,bahkan dg dosis rendah.
NIFEDIPIN digunakan untuk pengobatan dan pencegahan insufisiensi koroner akut dan kronik (terutama angina pektoris, kondisi pasca infark) dan sebagai obat pelengkat untuk terapi hipertensi. Dosis sekali pemberian antara 5 _ 10mg . Dosis rata rata sehari 5_10mg 3kali sehari
NIFEDIPIN : adalat calcianta carvas cordalat coronipin farmalat fedipin ficor nif_ten nifedin vasdalat xepalat zendalat

AMLODIPINE
amlodipine menimbulkan dilatasi arteriola perifer sehingga memperkecil tahanan perifer total (afterload) terhadap kerja jantung. Karena tdk menimbulkan refleks takikardia, maka tdk ada muatan terhadap jantung sehingga konsumsi energi miokardial dan kebutuhan oksigen menurun
amlodipine menimbulkan dilatasi arteri koroner utama dan arteriola koroner. Baik pd keadaan normal maupun iskemia. Dilatasi ini meningkatkan penyampaian oksigen miokardial pd penderita dgn sparme arteri koroner.
AMLODIPINE diindikasikan utk pengobatan hipertensi dan digunakan dlm bentuk tunggal utk mengkontrol tekanan darah pd sebagian besar penderita
penerita yg tidak cukup terkontrol bila hanya menggunakan obat anti hipertensi tunggal, dapat lebih menguntungkan bila pemberian amlodipin dikombinasi dgn diuretik tiazid. inhibitor b_adrenoreceptor atau inhibitor angiotensin converting enzym
AMLODIPIN dosis lazim 5mg satu kali sehari .dapat ditingkatkan sampai dosis maksimum 10mg tergantung respon penderita secara individual dan berat penyakit.
AMLODIPIN : actapin amdixal norvask tensivask amcor normoten lovask

banyaknya golongan obat anti hipertensi dgn harga yang beragam selain pertimbangan indikasi yang tepat. Pertimbangan farmakoekonomi tdk boleh dikesampingkan Kepatuhan minum obat tanpa didukung daya beli yang memadai,pengobatan tidak akan terjamin.
Farmakoekonomi dapat membantu dalam mengambil keputusan,farmakoekonomi secara singkat dapat didefinisikan sebagai penelitian untuk mengukur dan membandingkan biaya dengan outcome pengobatan

Minggu, 2009 Januari 11

RESISTENSI DALAM PENGOBATAN TUBERKULOSIS

RIFAMPICIN suatu antibiotika semisintetik yg bersifat bakterisidal. Aktif terhadap bakteri gram positif dan beberapa gram negatif.
RIFAMPICIN : corifam famri lanarif
medirif merimac prolung ramicin rif rifabiotic rifacin rimactane rimactazid rimcure rimstar

ISONIAZID secara actif membunui pertumbuhan BASIL TUBERKULOSIS. Dgn cara menghambat biosintensis/mikolat yg merupakan komponen utama dinding sel mycobacterium tuberkulosis.(isoniazid menyebabkan hilangnya sifat tahan asam pd mikobakterium yg peka)

ETAMBUTOL suatu kemoterapi oral utk mikroorganisme tuberkulosis. Dgm mekanisme menghambat sintesa RNA.

PRAZINAMIT bekerja dlm menghambat pertumbuhan organisme mycobacterium tuberculosis.

RIFAMPISIN bila dikombinasi dgm 1 atau 2 obat diatas,akan merupakan obat pilihan utama dlm tuberkulosis. Utk mengurangi timbulnya resistensi.
RIFAMPISIN dpt dipakai utk mengobati penyakit yg disebabkan oleh bakteri yg telah resisten terhadap antibiotika lain dan peka terhadap rifampisin
PENGAWASAN DALAM MENELAN OBAT SETIAP HARI memiliki resiko tinggi dalam kegagalan pengobatan .bahkan mungkin menimbulkan kekebalan pada obat
BAHKAN utk kasus resistensi pd obat dibutuhkan obat selain obat standart pengobatan TBC. (antara lain seperti CIPROFLOXACIN OFLOXACIN LEVOFLOXASIN dan lainnya turunan obat yang ditemukan dimasa yg akan datang)
BAGAIMANA FLORA USUS YANG TIDAK SEIMBANG AKIBATPENGOBATAN JANGKA PANJANG DENGAN ANTIBIOTIKA? Jawabanya mungkin pada suatu kesempatan posting akan kita lanjutkan.

Sabtu, 2009 Januari 10

INGIN MEMPUNYAI ANAK

KLOMIFEN SITRAT dpt merangsang ovulasi dan spermatogenesis dg cara meniadakan pengaruh umpam balik estrogen terhadap sekresi gonadotropin dari adenohipofisis atau faktor pelepasnya di hipotalamus. Sehingga sekresi hormon FSH dan LH meningkat tanpa memicu fungsi aksis hipofisis adrenal dan aksis kelenjar hipofisis tiroid.
KLOMIFEN SITRAT dapat menginduksi ovulasi pada wanita infertil yg di sebabkan ovulasi atau amenorea.
Satu tablet sehari selama 5hari. Dimulai pada hari ke 5 siklus haid atau setiap waktu pada penderita amenoret(tdk adanya haid).
Ovulasi biasanya 6_10 hari sesudah dosis terakhir.
Jika tdk terjadi ovulasi dosis ditingkatkan 2 tablet sehari selama 5hari dimulai pada 30hari sesudah pengobatan pertama.
Diberitahukan kemungkinan terjadi kehamilan multipel(kembar dua atau lebih)

RAHIM IBU adalah wadah perkembangan dan pertumbuhan janin. Janin tidak bisa berkembang dgn baik kecuali jika otak,organ organ .anggota badan dan semua organ dalam dan luarnya ,segenap jasad dan ruhnya ,berjalan secara seimbang dan dgn cara yg alamiah dijalan kematangan dan pertumbuhan.sedemikian rupa sehingga ketika dilahirkan merupakan bayi yg sempurna sehat dan wajar.
KLOMIFEN SITRAT : blesifen clomifil clovertil fensipros fertilphen fertin genoclo mestrolin ofertil pinfetil profertil provula

ALLAH YANG MENGETAHUI APA YANG ADA DALAM RAHIM (LUGMAN_34)
ALLAH MENGETAHUI APA YANG DIKANDUNG OLEH SETIAP PEREMPUAN, DAN KANDUNGAN RAHIM YANG KURANG SEMPURNA DAN YANG BERTAMBAH. DAN SEGALA SESUATU PADA SISI_NYA ADA UKURANNYA (AR_RAD 8)

Jumat, 2009 Januari 09

BRONKHOSPASMA BATUK TERHADAP CATROPRIL

CATROPRIL dpt dipergunakan utk hipertesi sedang dan berat yang tidak dapat diatasi dgn pengobatan kombinasi lain.
dapat dipakai dlm bentuk tunggal maupun kombinasi dgn obat anti hipertensi lain spt tiazida.
Kombinasi dgn tiazid memberikan efek aditif sdg kombinasi dgn b_blocker memberikan efek yg kurang aditif.
Pada sistem renin angiotensin adalah menghambat perubahan angiotensin I yg relatif non aktif menjadi angiotensin II yg aktif. Gagal jantung yg tdk cukup responsif atau tdk dpt dikontrol dgn diuretik dan digitalis. Anti hipertensi ini jg efektif utk pengobatan gagal jantung.
Pemberian CATROPRIL bersifat dose related, dapat dikurangi tanpa mengurangi khasiatnya.umumnya dapat di toleransi dgn baik. Akan tetapi pada bronshospasm, batuk, pernah terjadi pada pemberian catropril.
CATROPRIL : ACEPRESS CAPOTEN CAPOZIDE CAPTENSIN CASIPRIL DEXACAP FARMOTEN FORTEN LOCAP LOTENSIN METOPRIL OTORYL PRATEN SCANTENSIN TENOFAX TENSICAP TENSOBON

Rabu, 2009 Januari 07

TERAPI TRAMADOL PADA WITHDRAWAL PECANDU MORFIN

Tramadol termasuk agonis opiat.
Tramadol berinteraksi dengan reseptor opiat.
Tramadol termasuk antagonis opiat.
Merupakan suatu analgesik yang bekerja secara sentral. Juga merupakan agonis non_selektif pada reseptor opioid mu. Delta dan kappa dengan afinitas yang lebih tinggi pada reseptor mu.
Mekanisme lain yang merupakan efek analgesik yaitu dengan menghambat re_uptake noradrenalin dan meningkatkan pelepasan serotonin.
Nyeri akut dan kronik yang berat
nyeri akibat tindakan diagnostik
nyeri pasca bedah.
Tergantung dosis pada intensitas rasa nyeri yang diderita
Tramadol mengikat secara stereospesifik pada reseptor di sistem saraf pusat. Sehingga memblok sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. Tramadol menghambat pelepasan neurotransmitter dari saraf aferen yang sensitif terhadap rangsang. Akibatnya impuls nyeri terhambat.

TRAMADOL : andalpha bellatram camigesik contram50 dolana dolgesik forgesic kamadol nonalges nufapotram orasic pironec radol simatral tradosik tradyl tragesik tramadolhexpharm tramal trasik traumasik trunalDX trunal_DX_Retard tugesal zumatram

AN_NAHL69 (DARI PERUT LEBAH ITU KELUAR MINUMAN YANG BERMACAM MACAM WARNANYA. DIDALAMNYA TERDAPAT OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA. SUNGGUH, PADA YANG DEMIKIAN ITU BENAR BENAR TERDAPAT TANDA. BAGI ORANG YANG BERPIKIR)

Selasa, 2009 Januari 06

PENGGUNAAN ACETOSAL PADA INFARK MIOKARD AGINA PEKTORIS

Pada pembulu darah yg sehat. Platelet yg bersikulasi tidak akan mengalami adhesi dgn pembulu darah. Tetapi adanya kerusakan pada sel endotel akan menyebabkan agregasi pletelet dan membentuk trombus, atau terjadi adhesi platelet dg pembulu darah. Keadaan tersebut menyebabkan gangguan aliran darah dan terjadi iskemia. Yg merupakan patogenesis MCI MYOCARD INFARCT dan TIA transient ischemic attack
ACETOSAL berkhasiat mencegah adhesi dan agregasi platelet
mengurangi resiko serangan ulang gangguan sekilas suplai darah ke otak akibat sumbatan bekuan darah dg gejalah kelumpuan sementara.
Dalam dosis tertentu ACETOSAL menurunkan demam dan meringankan nyeri berdasarkan kerja pada pusat pengatur panas diotak dan peningkatan ambang nyeri
merk dagang ACETOSAL biasa terdapat pada AGGRENOX APTOR ASPILETS ASTIKA CARDIO ASPIRIN CONTREXYN INZANA MINIGRIP NASPRO PROCARDIN RESTOR RHEUMAPILL TROMBO ASPILETS FARMASAL BODREXIN ASCARDIA dan lain lain

KORTIKOSTEROID

Semua penyakit dapat diobat dgn kortikosteroid secara sistematik.
Sebagai obat anti peradangan ,artritis, allergi, asma, bahkan penyakit gangguan pada darah semisal leukemia akut dan lain lainya
dalam dosis kecil sudah cukup kuat bekerja sebagai anti_inflamasi dan anti_allergi
antara lain turun turunan dalam kortikosteroid : dexsametason. Prednison. Deksklorfeniramin. Metilprednison. Betametason. Triamsinolon. Dan lain lain
AL_MULK 26 (SESUNGGUNYA ILMU PENGETAHUAN HANYA PADA ALLAH)

KORTIKOSTEROID

Semua penyakit dapat diobat dgn kortikosteroid secara sistematik.
Sebagai obat anti peradangan ,artritis, allergi, asma, bahkan penyakit gangguan pada darah semisal leukemia akut dan lain lainya
dalam dosis kecil sudah cukup kuat bekerja sebagai anti_inflamasi dan anti_allergi
antara lain turun turunan dalam kortikosteroid : dexsametason. Prednison. Deksklorfeniramin. Metilprednison. Betametason. Triamsinolon. Dan lain lain
AL_MULK 26 (SESUNGGUNYA ILMU PENGETAHUAN HANYA PADA ALLAH)

ANALGESIK OPIOID PADA NYERI YANG KRONI

Dalam kehidupan sehari hari yg awam akan pemahan apa itu narkoba. Sering adanya salah pengertian. Bahwa narkoba jelek, buruk, selalu membawa hal yg negatif.
dalam ilmu kedokteran, morphine sulphate,codein, doveri dan turun_turunannya sering digunakan dalam penatalaksanaan nyeri kronik, entah itu nyeri dalam penyakit jantung (asam mefenamat plus codein) atau menekan sekresi batuk kronis (codein plus doveri) atau nyeri pada saraf otot otot celebral (MST CONTINUS morphine sulphate)
Bagaimana pendapat anda tentang slogan kampaye antinarkoba.?
Padahal dalam sisi narkoba yg buruk ada manfaat yg besar dalam bidang kesehatan,kedokteran dan ilmu pengetahuan

ANALGESIK OPIOID PADA NYERI YANG KRONI

Dalam kehidupan sehari hari yg awam akan pemahan apa itu narkoba. Sering adanya salah pengertian. Bahwa narkoba jelek, buruk, selalu membawa hal yg negatif.
dalam ilmu kedokteran, morphine sulphate,codein, doveri dan turun_turunannya sering digunakan dalam penatalaksanaan nyeri kronik, entah itu nyeri dalam penyakit jantung (asam mefenamat plus codein) atau menekan sekresi batuk kronis (codein plus doveri) atau nyeri pada saraf otot otot celebral (MST CONTINUS morphine sulphate)
Bagaimana pendapat anda tentang slogan kampaye antinarkoba.?
Padahal dalam sisi narkoba yg buruk ada manfaat yg besar dalam bidang kesehatan,kedokteran dan ilmu pengetahuan

LIBRAX

Terapi tambahan utk peptik&iritatable bowel syndrome. Merupakan gabungan antara klordiazepoksida yg mempunyai daya anti ansientas dan klidinium bromida yg mempunyai efek antikolinergik/spasmolitik.
Dalam penelitian klordiazepoksida bekerja pd sistem limbik otak. Dan terbukti menunjukkan bahwa sistem limbik tsb berhubungan dg emosi
klidinium bromida memiliki efek antispasmodik dan antisekresi di saluran pencernaan.
(dalam dunia pengobatan. librax biasa di kombinasikan dgn antacid rantidin dan Domperidon diminum 1/2 jam sebelum makan)

DOVERI

Indikasi doveri seringkali digunakan utuk influenza, penekanan refleks batuk, sebagai sedativum, sebagai ekspektoran. Dalam farmakop doveri biasa disebut dengan pulvis doveri

Codein

Analgesik agonis opioid. Efek kodein terjadi apabila kodein berikatan secara agonis dgn reseptor opioid diberbagai tempat di susunan saraf pusat. Efek analgesik kodein tergantung afinitas kodein terhadap reseptor opioid tersebut. Kodein dapat meningkatkan ambang rasa nyeri dan mengubah reaksi yg timbul di korteks serebri pd waktu persepsi nyeri diterima dr thalamus. Kodein juga merupakan antitusif yg berkerja pd susunan saraf pusat dg menekan pusat batuk.

Senin, 2009 Januari 05

Buah nangka kulitnya berduri

Apa kata dunia bila ku tak bersamamu
Apa kata dunia bila melihatmu menangis
Buah semangka di dasar laut
Tak disangka hatiku terpauta
Ku kan berjanji s’lalu bersamamu

Apa kata dunia bila ku tak punya cinta
Apa kata dunia bila ku tak bersamamu
Buah nangka kulitnya berduri
Tak disangka hatiku tercuri
Bukan merajuk ku sungguh cinta


Cinta biarkan ada dan kita tak kan berpisah
Hanya maut yang bisa memisahkan cinta
Aku akan berjanji demi bumi yang ku pijak
Kan kudampingi dirimu selamanya

sambiloto



Keampuhan sambiloto menurunkan kadar gula darah dikenal sejak nenek moyang. Mereka meyakini kandungan zat pahit pada sambiloto menetralkan rasa manis akibat kadar gula darah tinggi. Kepercayaan itu terbukti secara empiris. Pantas bila cerita tentang khasiat ki oray-sebutan sambiloto dalam bahasa Sunda-terwariskan hingga sekarang.

Nenek moyang kita merebus segenggam daun sambiloto kering-setara 1-2 gram- dalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. Keesokan hari air rebusan itu dikonsumsi 3 kali sehari. Dalam beberapa hari, gejala kencing manis seperti mudah haus, sering berurine, dan mata buram pun perlahan mereda.

Terbukti ilmiah

Di era modern keampuhan sambiloto menurunkan kadar gula darah bukan lagi sekadar mitos. Berbagai penelitian di tanahair membuktikan khasiat anggota famili Acanthaceae itu. Salah satunya pengujian pada tikus percobaan.

Tikus yang diuji dibagi ke dalam 5 kelompok. Kelompok I alias kontrol diberi larutan tragakan berkadar 1%. Tiga kelompok lainnya diberi sambiloto yang diekstrak dengan heksana, etilasetat, dan etanol berdosis 0,5 g/kg bb tikus. Kelompok sisanya diberi tolbutamid berdosis 0,315 g/kg bb untuk perbandingan. Tolbutamid senyawa aktif yang biasanya terkandung dalam obat diabetes di pasaran.

Sebelum percobaan tikus dipuasakan selama 18 jam, tetapi tetap minum. Satu jam setelah perlakuan, seluruh tikus diberi larutan glukosa 10% berdosis 2 g/kg bb secara oral. Kadar gula darah diukur pada 30, 60, 90, dan 150 menit setelah pemberian glukosa.

Hasil riset menunjukkan kelompok tikus yang diberi ekstrak etanol mampu menurunkan kadar gula darah dari rata-rata 170,81 mg/100 ml menjadi 79,31 mg/100 ml dalam waktu 150 menit. Sedangkan tikus yang diberi sambiloto yang diekstrak dengan heksana dan etilasetat tidak menunjukkan perubahan bermakna.

Keampuhan sambiloto menurunkan glukosa darah berkat interaksi senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Daun sambiloto mengandung laktone yang terdiri atas deoksiandrografolida, andrografolida, neoandrografolida, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolida, dan homoandrografolida.

Sambiloto juga kaya flavonoid, alkana keton, aldehida, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Aneka flavonoid seperti polimetoksiflavon, andrografin, panikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7,4-dimetileter juga terdapat pada bagian akar.

Andrografolida senyawa aktif paling dominan. Berdasarkan penelitian senyawa itu berkhasiat antidiabetes. Caranya dengan meningkatkan kadar betaendorfin dalam plasma. Betaendorfin adalah neurotransmiter yang berefek analgesik alias pereda rasa sakit dan antipiretik atau penenang. Khasiatnya mengurangi tekanan psikis para pasien. Kondisi stres mengacaukan metabolisme tubuh sehingga pasien sulit mengendalikan kadar gula darah. Andrografolida juga berfaedah menurunkan aktivitas pembentukan glukosa dari senyawa-senyawa nonkarbohidrat seperti piruvat dan laktat. Dengan begitu kadar gula darah pasien dapat dikendalikan.

3 komentar:

  1. trim.artikelnya penuh dgn ilmu
    pengetahuan. pesan moral dgn
    sentuhan ayat ayat ALQURAN.
    memberi makna akan kebesaran
    ALLAH

    BalasHapus
  2. Trim. Atas tambahan ilmu pengetahuannya. Semoga allah memberi manfaat dan barokah

    BalasHapus
  3. rasa letih pd manusia biasa yg sehat adalah menurunnya kekuatan otot2nya untuk bekerja akibat bekerja keras dan yg disertai semacam rasa sakit yg khusus.

    BalasHapus